Jumat, 05 Februari 2021

7 E-Commerce Indonesia Terpopuler dan Banyak Dikunjungi Reseller


By Risma Novianti

Persaingan antar situs belanja online atau e-commerce Indonesia semakin ketat. Kondisi demikian terjadi karena pesatnya laju perkembangan teknologi, khususnya smartphone.

Bisnis yang menggunakan e-commerce memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bisnis konvensional. Dengan menggunakan e-commerce tentu memberikan kemudahan dalam bertransaksi antara penjual dan pembeli secara online.

Penasaran dengan e-commerce Indonesia terpopuler dan banyak dikunjungi oleh reseller? Berikut daftar ulasannya pada artikel berikut ini!

E-Commerce Indonesia Terpopuler

1. Tokopedia (1,2 miliar)

Tokopedia merupakan startup karya anak bangsa yang mulai dirintis di tahun 2014. Marketplace ini menjadi salah satu tujuan belanja online sebagian besar masyarakat Indonesia.

Tidak hanya menarik bagi konsumen, Tokopedia selalu menjadi salah satu platform yang banyak diminati para seller untuk memajang produk yang dijual.

Tokopedia juga menyediakan fitur blog tersendiri dengan konten-konten yang bervariasi, mulai dari informasi hingga tips-tips bermanfaat yang berhubungan dengan penjualan hingga optimasi online shop.

2. Shopee (837 juta)

Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang memudahkan penggunaannya dalam melakukan kegiatan berbelanja online tanpa harus ribet, karena cukup mengandalkan smartphone.

Meningkatnya penetrasi pengguna gadget membuat PT Shopee Internasional Indonesia melihat peluang baru di dunia e-commerce.

Bukan rahasia lagi jika masyarakat Indonesia menyukai salah satu marketplace ini karena banyak memberikan kemudahan baik untuk penjual maupun pembeli.

3. Bukalapak (823 juta)

E-Commerce Indonesia selanjutnya adalah Bukalapak. Bukalapak dioperasikan oleh PT. Bukalapak.com sejak tahun 2010.

Sebagaimana e-commerce atau marketplace lainnya, bukalapak hadir dengan beberapa kelebihan.

Diantaranya menyediakan fitur berbayar untuk penjual pada Bukalapak tergolong sangat murah dan terjangkau, contohnya terdapat fitur push. Hal ini menjadi kelebihan Bukalapak dan menjadi nilai plus bagi para penjual.

4. Lazada (445 juta)

Lazada didirikan tahun 2012 dan beroperasi hingga kini. Sama seperti marketplace lainnya, Lazada pun memiliki kelebihan.

Di Lazada, Anda bisa menawarkan produk yang bervariasi dan ini akan menjadi nilai plus bagi sebuah marketplace. Orang-orang pasti akan lebih tertarik dan apabila ingin membeli apa saja pasti mendatangi marketplace tersebut.

Makannya tak heran, banyak juga para reseller yang tertarik untuk menggunakan marketplace ini disamping marketplace yang lainnya.

Sebenarnya fitur hampir sama dengan marketplace lainnya, banyak fitur yang memudahkan antara seller dan pembeli.

5. Blibli (353 juta)

Blibli.com didirikan sejak 2010. Didirikan oleh PT. Global Digital Niaga (GDN) yang merupakan anak perusahaan dari PT. Global Digital Prima.

Belanja di marketplace ini cukup mudah. Setelah menemukan barang yang dipilih, selanjutnya cukup melakukan transaksi dengan tiga langkah mudah yaitu add to cart, pilih metode pengiriman dan pembayaran serta selesaikan transaksi sesuai dengan pilihan pembayaran.

Marketplace ini juga menyediakan produk yang orisinil dan resmi, sehingga tidak akan menemukan jenis-jenis produk tiruan ataupun barang black market.

6. JD ID (105 juta)

Marketplace yang berasal dari Tiongkok JingDong ini telah ada sejak tahun 2013. Namun, baru pada tahun 2015, perusahaan ini melebarkan sayap di Indonesia.

Dengan semboyan Dijamin Ori, JD ID terus melakukan penetrasi pasar untuk memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan.

JD ID juga memberikan cashback dan promo pada waktu tertentu yang cukup banyak.

7. Orami (89 juta)

Orami adalah e-commerce dan menjadi backbone perusahaan sejak tahun 2013 beroperasi.

Marketplace ini memberikan kemudahan dalam upaya pemenuhan kebutuhan rumah sekaligus membuat momen belanja jadi lebih mudah, praktis dan menyenangkan.

Itulah beberapa e-commerce Indonesia terpopuler yang biasa dikunjungi oleh para seller dan pembeli. Sebenarnya dari setiap marketplace tentu memiliki kelebihan masing-masing, sehingga hal ini menjadi keputusan Anda dalam menentukan marketplace mana yang paling cocok digunakan untuk berbisnis online. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar